Cara Membuat Lift Barang Sederhana - BCLS.com
Site is Ad Saifudin Hidayat
Ad Saifudin hidayat
00 Days
00 Hours
00 Minutes
00 Seconds

Cara Membuat Lift Barang Sederhana

Tanpa Nama


Pasti Anda pernah naik lift kan? Namun, yang sering Anda naiki adalah lift penumpang, karena sangat tidak memungkinkan jika Anda naik lift barang. Sebab, lift barang hanya difungsikan untuk mengangkut barang berkapasitas berat dan berjumlah barang secara vertikal atau naik-turun.
Keberadaan dari lift barang sangat berguna untuk proses pengangkatan dan pemindahan barang, dari ke satu lantai menuju ke lantai lainnya. Dengan demikian, Anda tak perlu bersusah payah dan tak perlu lagi menghabiskan tenaga untuk memindahkan barang / benda yang sangat berat, apalagi jumlahnya sangat banyak.

Sistem kerja dari lift barang / elevator cargo mirip dengan crane, hanya saja lift barang menggunakan sangkar sebagai tempat pengangkutannya, sehingga dengan mudahnya dia bisa menjadi alat angkut barang secara vertikal.



Sebenarnya, bagi Anda yang berkenan untuk membuat lift barang dengan konsep yang lebih sederhana, Anda bisa melakukannya sendiri. Namun, dengan catatan lift barang yang akan Anda aplikasikan nanti hanya bisa mengangkut benda / barang dalam kapasitas kecil.
Sebelum menuju pada langkah pembuatan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan

·         Sepotong kayu lapis, lebih dianjurkan yang memiliki permukaan keras
·         Pengunaan enam katrol, bisa dibuat menggunakan CD Player atau selotif yang sudah tidak digunakan.
·         Kardus bekas berbentuk kecil maupun sedang
·         Benang
·         Enam buah peniti
·         Siapkan beban kecil, seperti sekrup tape
·         Palu
·         Gunting
·         Penggaris
·         Pensil / Pena

Setelah perlengkapan sudah dipersiapkan, lakukan langkah-langkah pembuatannya :

1.      Bangun kotak Lift kecil dari kotak kardus bekas, dengan menggunakan penggaris dan pena. Ukurlah dalam hitungan lima enam-inci, dengan jarak enam inci pada setiap ukuran kardus Anda. Potong kotak dengan gunting menggunakan gunting. Tape kotak dengan cara yang akan membuat sebuah kotak tersebut menjadi terbuka. Lakukan hal ini dengan cara menyelaraskan kotak di tepi mereka dan gabungkan semua dengan selotip / CD player bekas.
2.      Pasanglah gelondongan pada setiap bingkai kayu dengan menggunakan paku, pastikan bahwa katrol harus sesuai, sehingga setiap katrol dapat tersebar pada posisi yang pas pada permukaan kayu. Buatlah jarak sekitar 4 inci pada masing-masing porosnya. Kemudian, berikan dua katrol tambahan untuk diletakkan di bagian bawah kotak, dengan jarak masing-masing sekitar 4 inci.
3.      Ikatlah seutas tali ke bagian bawah kotak lift kardus, ikat dua benang tambahan untuk dipasang pada bagian atas kotak lift.
4.      Pasangkan benang pada bagian bawah kotak lift atas, gelondongan 4 3, 2, dan 1. Ketika Anda sampai ke kumparan 2, lingkarkan benang pada katrol dua kali. Ikat ujung benang ke benang di atas kotak.
5.      Pasangkan benang lain di atas kotak lift pada katrol 5 dan 6. Pastikan lebih dahulu bahwa benang diletakkan di atas katrol tersebut sudah terkait erat. Lakukan dengan cara meningkatkannya dengan beban yang akan Anda gunakan bisa berupa sekrup, kunci berat, atau berat badan lainnya.
6.      Pastikan semua benang terikat dengan kencang dan semua katrol tetap berada di tempatnya.
7.      Putar katrol kedua dengan menggunakan jari-jari tangan Anda. Jika dibangun dengan benar, maka kotak lift bisa bergerak ke atas atau bawah dengan stabil.

Mudah sekali kan, cara pembuatan lift barang skala kecil? Dari sini Anda bisa mengetahui langsung seperti apa sistem kerja dan sistem pengoperasian dari lift barang.

Getting Info...
Silahkan Pilih Warna Background Yang Cocok Buat Mata Anda
back to top
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.